Kendaraan Beroda Empat Anthony Ginting Hilang, Honda Mundur Dari F1

Pencurian Mobil Keluarga Anthony Ginting
Pencurian Mobil Keluarga Anthony Ginting. Foto: Whisnu Pradana.

Jakarta -

Kabar soal kendaraan beroda empat pebulutangkis Anthony Sinisuka Ginting hilang menjadi gosip terkenal otomotif kemarin. Diketahui, Ginting menjadi korban tindak kejahatan.

Selain soal kendaraan beroda empat Ginting yang hilang, hengkangnya Honda dari ajang balap Formula 1 juga jadi isu terkenal lainnya. Berikut informasi terkenal otomotif selengkapnya.

Mobil Anthony Ginting Dicuri

Mobil lawas Hyundai Getz milik keluarganya hilang digondol maling. Anthony Ginting membagikan kabar pencurian mobil tersebut melalui akun Twitternya, @sinisukaanthony. Dia menyebut pencurian kendaraan beroda empat terjadi pada Minggu (12/12) sekitar pukul 09.00 hingga 09.30 WIB.

"Telah hilang kendaraan beroda empat Hyundai Getz dengan plat nomor D 1713 SGR. Hilang asumsi pagi hari ini jam 9-9.30 di daerah Cimahi, Bandung dan sekitarnya. Buat temen2 yg liat kendaraan beroda empat ini, boleh pribadi lapor ya," tulis Ginting.

Kasus pencurian ini dibenarkan oleh ayah Ginting, Edison Ginting. Dijelaskan Edison terhadap detikNews, pencurian terjadi di Kompleks Cimindi Raya, Kota Cimahi, Jawa Barat.

"Sempat terekam kamera CCTV, kalau dari CCTV pelakunya disangka yang naik ojek online. Sudah lapor polisi juga dan telah olah TKP tadi malam," terperinci Edison.

Meski Hyundai Getz milik Keluarga Ginting sudah berumur, kendaraan tersebut ternyata punya nilai sejarah tinggi. Diceritakan Edison, mobil tersebut mengirim Ginting berlatih dan bertarung di permulaan kariernya.

"Itu mobil bersejarah buat kami, alasannya adalah dahulu mobilnya dipakai buat antar jemput Anthony latihan dan bertarung ," ujar Edison.

Honda Cabut dari Formula 1

Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda menjalankan pit stop selama Grand Prix Formula Satu Abu Dhabi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 12 Desember 2021. (AP Photo/Kamran Jebreili, Pool)Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda melaksanakan pit stop selama Grand Prix Formula Satu Abu Dhabi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 12 Desember 2021. (AP Photo/Kamran Jebreili, Pool) Foto: AP/Kamran Jebreili

Honda kesudahannya mampu merebut juara dunia pebalap di F1 lewat Max Verstappen setelah menanti 31 tahun. Setelah merengkuh sukses besar itu, Honda langsung pamit dari ajang balapan Jet Darat.

Verstappen menjadi pebalap pertama dalam 30 tahun terakhir yang jadi juara dunia dengan mesin Honda. Sebagaimana diketahui, semenjak 2019 Tim Red Bull beralih memakai mesin Honda.

Pebalap terakhir yang jadi juara dunia menggunakan mesin Honda adalah Ayrton Senna. Itu terjadi pada F1 mulut dominan 1991.

Keberhasilan mengirim Verstappen jadi juara dunia F1 2021 sekaligus menjadi penutup yang tepat untuk Honda. Beberapa waktu kemudian Honda telah menyatakan akan hengkang dari balapan F1 sesudah ekspresi secara umum dikuasai 2021 berakhir.

Honda menentukan melangkah pergi dari F1 pada 2020 kemudian. Dalam pernyataannya, Honda menyebut keputusan meninggalkan F1 yaitu alasannya adalah industri otomotif mengalami kala transformasi sungguh besar dalam seratus tahun.

Langkah tersebut sekaligus diambil untuk mewujudkan tujuan netralitas karbon pada tahun 2050. Honda akan memusatkan sumber dayanya ke R&D di bidang teknologi kurun depan, termasuk teknologi kendaraan sel materi bakar (FCV) dan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV).

Honda pertama menekuni ke dunia balap F1 pada 1964. Dalam beberapa dekade selanjutnya, berulang kali pabrikan asal Jepang ini menentukan keluar lalu bergabung lagi dengan F1.

Periode paling berhasil Honda pastinya terjadi pada kala 1980-an sampai 1990-an. Ketika itu mereka memenangi enam gelar juara dunia konstruktor (1986, 1987, 1988, 1989, 1990, dan 1991).

Honda juga telah sukses mengirim enam pebalap jadi juara dunia. Mereka yaitu Nelson Piquet (1987), Aryton Senna (1988), Alain Prost 1989, Ayrton Senna (1990), dan kembali Ayrton Senna (1991), serta yang terakhir Max Verstappen (2021).



Simak Video "Anthony Ginting ke Semifinal Olimpiade, Netizen: Aku Terginting-ginting"
[Gambas:Video 20detik]

Posting Komentar

0 Komentar