Akhir Tragis Symbian, Tata Cara Operasi Pahlawan Nokia

All About Symbian
Sistem operasi Symbian. Foto: All About Symbian

Jakarta -

Sistem operasi Symbian dahulu merajai jagat ponsel dunia, terutama berkat Nokia. Symbian yang dilahirkan oleh Symbian Foundation memang bukan ekslusif ciptaan Nokia. namun Nokia yang menjadikannya beken.

Pada puncak kejayaannya tahun 2006, Symbian menguasai pangsa pasar tata cara operasi sampai 73%. Namun lalu, Symbian kedatangan rival handal, adalah iOS di tahun 2007 dan khususnya Android.

Sistem operasi Android pertama kali menyapa dunia pada 2008 dan perlahan namun pasti merangsek pasar, Nokia yang berstatus raja ponsel dunia di ketika itu, tak pernah tampaktertarik mengadopsi Android. Mereka yakin diri Symbian masih jadi favorit pelanggan.

"Symbian merupakan platform terbaik," klaim Kenny Mathers, pejabat Head Developer Relatios & Marketing Forum Nokia, APAC, kurun itu.

Kenny menuturkan bahwa pihaknya memberi respek dengan apa yang Android sudah kerjakan. Pun demikian, ya cuma sebatas itu, tak sampai ikut memakai jasa Android di ponsel berilmu besutannya.

Menurut Kenny, Nokia mempunyai sejumlah misi di saat ingin bikin suatu handset. Pertama ialah ingin bikin gadget yang canggih. Lalu layanan yang disediakan mampu terintegrasi dengan layanan Nokia yang lain. Ketiga, pastinya terjangkau oleh pengguna.

"Dan kami telah mendapat semua itu pada Symbian. Makara posisi kami kepada Android tampaknya telah jelas (menutup pintunya rapat-rapat)," pungkasnya.

Symbian Terjungkal

Sejarah mencatat, Symbian kesudahannya tak bisa menahan gempuran Android. Pada kuartal IV 2010, serbuan ponsel Android berhasil mengalahkan pasokan ponsel Symbian, menyebabkan OS Robot Hijau terpopuler di dunia.

Berdasar data Canalys, pengapalan ponsel Android di kuartal IV 2010 menembus angka 32,9 juta unit. Sementara handset-handset Symbian hanya meraih angka 31 juta unit.

Data lain milik Computer Weekly menyampaikan, pangsa pasar OS milik Google itu terus meningkat dari 8,7% di 2009 menjadi 33% di 2010. Sebuah kenaikan yang cukup pesat. Sedangkan pada 2012, market share Symbian tinggal 4,4% atau terendah sepanjang kala.

Walaupun Symbian yang mereka andalkan telah ditekuk Android, Nokia tetap kukuh tidak akan memakainya. Pada tahun 2011, kepemimpinan CEO Stephen Elop menjatuhkan opsi pada tata cara operasi Windows Phone besutan Microsoft.

Elop kelihatannya percaya, nama besar Nokia akan bikin Windows Phone meraksasa. Tapi sayang kenyataan lalu berkata sebaliknya, Nokia semakin tenggelam, bahkan alhasil dijual murah ke Microsoft.

Terpuruknya Symbian bikin Symbian Foundation bubar pada tahun 2010 dan Nokia mengambil alih pengembangannya. Namun gres setahun berselang, Symbian dialihkan pada Accenture. Praktis sejak di dikala itu, sudah banyak lagi ponsel yang memakai Symbian sampai akibatnya betul-betul hilang.

Posting Komentar

0 Komentar