Review Samsung Galaxy A53 5G, Hp Rp 5 Jutaan Paket Komplit

Galaxy A53
Review Galaxy A53 5G. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta -

Galaxy A52 sukses di pasaran, tak asing jika Samsung lalu menggarap penerusnya. Dan April lalu, perangkat yang dinamai Galaxy A53 5G resmi diluncurkan.

Sebagai suksesor, Samsung memberikan sejumlah peningkatan pada Galaxy A53. Namun apakah semua itu membuatHP ini layak dijadikan daily driver?

Jawabnya iya banget. Setelah detikINET menggunakannya dalam dua bulan ini, Galaxy A53 mampu menjadi partner yang dipercaya dalam acara sehari-hari. Berikut review Galaxy A53.

Desain

Galaxy A53 hadir dengan empat pilihan warna pastel yang cukup fresh. Ada awesome black, awesome blue, awesome white dan awesome peach yang detikINET review.

Kendati materialnya dari plastik, Samsung menunjukkan sentuhan final matte yang halus memamerkan ketentraman di ketika ponsel ini digenggam.

Galaxy A53 5GGalaxy A53 5G warna awesome peach. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bagian kameranya agak menonjol namun dibuat menyatu dengan cover belakang memberikan kesan apik. Sementara rangkanya dibuat glossy yang warnanya dibuat menyatu dengan cangkang belakangnya.

Samsung memamerkan proteksi yang sangat cantik pada HP ini. Ada derma Gorilla Glass 5 di potongan depan dan paling istimewa akta IP67 yang tidak dimiliki HP di kelas yang sama.

Hanya saja Galaxy A53 ini tidak menambahkan port jack audio 3,5 mm.

Selanjutnya Layar Memikat Mata

Layar

Galaxy A53 dan pendahulunya sama-sama mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,5 inch dengan resolusi Full HD+. Bedanya Samsung mengembangkan refresh rate menjadi 120 Hz dari 90Hz, dan ukuran bezel yang semakin tipis memberikan kesan lebih imersif.

Kualitas layarnya tidak perlu diragukan lagi. Aktivitas menonton video streaming maupun bermain game di Galaxy A53 sama-sama membuat puas.

Galaxy A53 5GGalaxy A53 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Warna yang ditampilkan tidak sekadar kaya namun juga tajam dan terperinci. Digunakan di bawah terik Matahari pun layar masih terlihat jelas.

Audio juga mengesankan, dengan suara stereo yang dihasilkan oleh speaker yang disertakan Samsung. Tidak ketinggalan derma Dolby Atmos yang menghasilkan pengalaman menonton melalui HP ini makin seru.

Selanjutnya Kamera Ciamik

Kamera

Komposisi kamera a52 dan A53 tidak berlawanan. Kamera utama sama-sama 64 MP, bersanding dengan lensa ultra-wide 12 MP, makro 5 MP dan depth 5 MP.

Pun sama, Samsung prospektif mutu jepretan A53 lebih manis karena penggunaan chipset baru dan kesanggupan AI ditingkatkan. Benar saja di saat detikINET mencobanya hasil kamera HP ini ciamik di segala keadaan.

Berikut ini hasil jepretannya:

Galaxy A53Galaxy A53 Foto: Rizqy Nur Amalia/detikINET
Galaxy A53Galaxy A53 Foto: Rizqy Nur Amalia/detikINET

Galaxy A53Galaxy A53 Foto: Rizqy Nur Amalia/detikINET

Berikutnya Performa

Performa

Galaxy A52 didukung Snapdragon 720G besutan Qualcomm. Sementara Galaxy A53, Samsung menyematkan chip produksi sendiri, Exynos 1280 yang dibentuk pakai fabrikasi 5 nm, menjanjikan kinerja CPU yang lebih baik 20% dari sebelumnya.

Klaim tersebut cukup terbukti. Saat memakai HP ini untuk bermacam-macam kiprah secara tolong-menolong tidak lelet. Bermain game pun berlangsung tanpa kendala tanpa hambatan.

Galaxy A53Galaxy A53 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun jika membandingkan Galaxy A52s, performa HP ini belum bisa menyalipnya. Ini setidaknya dibuktikan dengan uji Geekbench. Berikut perbandingannya:

Uji Geekbend Galaxy A53 5G Galaxy A52s
Single Core 727 762
Multi Core 1756 2807

Galaxy A53 dibekali RAM 8 GB. Pengguna mampu menyulapnya menjadi 16 GB dengan memakai fitur RAM Plus.

Berikutnya Daya Tahan Baterai dan Kesimpulan

Baterai

Galaxy A53 menjinjing baterai berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari. Setelah detikINET mencobanya selama 2 ahad, ponsel ini mampu bertahan nyaris sepanjang hari penuhdi dikala dipakai untuk merekam, edit, dan mengupload konten video.

Hanya saja HP menjadi agak sedikit panas kalau digunakan lebih dari satu jam nonstop. Untuk mengisi ulang baterainya, Samsung Galaxy A53 5G dibekali fitur fast charging 25W.

Saat dijajal, proses pengisian dari 0 sampai 100 persen dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit menggunakan charger 65W milik pihak ketiga. Sebab Samsung tidak menambahkan charger dalam paket pemasaran dan dibeli secara terpisah.

Galaxy A53Galaxy A53 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Opini detikINET

Samsung Galaxy A53 5G memamerkan paket komplit di harga Rp 5 jutaan. Desainnya menarik , layar memanjakan mata, tampilan tanpa kendala dan tahan air.

Nilai plus lainnya Samsung menunjukkan jaminan update Android hingga empat tahun. Artinya pengguna Galaxy A53 akan menerima update Android 16. Ini jarang dijumpai di ponsel Android yang lain.

Tapi bila kamu punya anggaran mepet, bisa mempertimbangkan Galaxy A52s yang secara tampilan lebih kencang dan masih diberikan charger di paket penjualannya.

[Gambas:Youtube]



Posting Komentar

0 Komentar